Politik

Disinformasi! Luhut mundur dari kabinet Jokowi karena sakit pada 11 Oktober

0
×

Disinformasi! Luhut mundur dari kabinet Jokowi karena sakit pada 11 Oktober

Sebarkan artikel ini

[ad_1]

Jakarta (BERITA CALEG/JACX) – Sebuah unggahan di Facebook menyebutkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengundurkan diri dari jabatannya karena masalah kesehatan yang dialaminya.

Unggahan tersebut disertai dengan tautan sebuah media yang menarasikan alasan Luhut resmi mundur dari kursi Menko Marves. Selain itu, untuk mengisi kekosongan tersebut, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai gantinya.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“MENGALAMI SOK KARENA DIHANTUI ELEKRABILITAS SOSOK KEPEMIMPINAN ANIES BASWEDAN, SAMPAI JATUH SAKIT…….SEMOGA CEPAT SEMBUH KAKEK LUHUT, AAMIIN 

Inilah alasan Luhut Binsar Pandjaitan resmi mundur dari kursi Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves)….”

Namun, benarkah Luhut mundur dari kabinet Jokowi karena sakit pada 11 Oktober?

 


Unggahan hoaks yang menarasikan Luhut mengundurkan diri dari jabatannya, Menko Marves pada 11 Oktober. Faktanya, narasi judul tidak sesuai dengan isi artikel. (Facebook)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran BERITA CALEG, setelah membaca keseluruhan artikel tersebut, tidak ada pernyataan secara resmi yang menyatakan Luhut mundur dari jabatannya. Dalam artikel tersebut, hanya menjelaskan cuitan Luhut di instagramnya yang berbagi kabar mengenai kondisinya yang mengalami sakit dan menjalani pemulihan di Singapura.

Menteri BUMN Erick Thohir meminta masyarakat jangan percaya isu Luhut Binsar Pandjaitan mundur dari posisi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves). Erick pun menegaskan soal Luhut mundur adalah hoaks.

“Saya cuma dapat informasi, Pak Luhut tentu dalam proses recovery atau perawatan. Jadi saya hanya melakukan kegiatan ya 1-2 minggu. Tetapi ketika saya ditugaskan, saya mendorong program-program ini harus jadi kenyataan,” ujar Erick beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Erick Thohir mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo sebagai Menko Marves ad interim selama Luhut menjalani proses pemulihan di Singapura.

Klaim: Luhut mundur dari kabinet Jokowi karena sakit pada 11 Oktober

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Video Luhut kritis di rumah sakit Singapura

Cek fakta: Disinformasi! Menko Marves Luhut Pandjaitan meninggal dunia pada 7 Oktober

Baca juga: Presiden: Tugas harian Menko Marves dipegang Erick, tak ada masalah

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *