Politik

Bupati Bekasi titip pesan jaga keamanan kepada pemudik

0
×

Bupati Bekasi titip pesan jaga keamanan kepada pemudik

Sebarkan artikel ini




“Kalau mudik atau pulang kampung rumah dijaga. Kalau pulang semua (anggota keluarga), rumah dikunci, listrik dimatikan, serta peralatan masak dimatikan semua. Jika sudah aman baru pulang kampung,”Kabupaten Bekasi (BERITA CALEG) – Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menitipkan sejumlah pesan yang ditujukan kepada warga Kabupaten Bekasi berkaitan dengan menjaga keamanan lingkungan terutama kepada pemudik sebelum melakukan perjalanan ke luar daerah menuju kampung halaman.

“Kalau mudik atau pulang kampung rumah dijaga. Kalau pulang semua (anggota keluarga), rumah dikunci, listrik dimatikan, serta peralatan masak dimatikan semua. Jika sudah aman baru pulang kampung,” katanya di Cikarang, Minggu.

Dirinya mengingatkan masyarakat untuk menjalin komunikasi dengan tetangga di sekeliling rumah sebelum melajukan perjalanan ke luar daerah demi meningkatkan keamanan rumah saat ditinggal mudik.

Menurut dia tetangga menjadi bagian yang penting dalam upaya menjaga keamanan lingkungan sekitar, terlebih saat masa mudik Lebaran dengan kondisi banyak rumah ditinggal dalam keadaan kosong.

“Ketika pulang kampung dan tidak ada yang menunggu rumah, tetangga kiri dan kanan dikasih tahu. Sehingga apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, bisa segera mendapatkan informasi,” ucapnya.

Ia mengaku aksi kriminalitas kerap berpotensi meningkat pada periode musim mudik Lebaran dikarenakan banyak tempat tinggal yang kosong ditinggalkan pemilik.

“Selalu waspada dan berhati-hati karena biasanya aksi kejahatan kerap terjadi di musim Lebaran. Pencurian rumah kosong menjadi salah satu yang wajib diwaspadai,” katanya.

Pemerintah daerah bersama kepolisian sudah melakukan upaya antisipasi dengan mengaktifkan kembali pos keamanan lingkungan atau poskamling di setiap wilayah RT/RW dengan tujuan meningkatkan kesiagaan terhadap potensi tindak kejahatan.

“Bagi warga yang tidak mudik, tolong bantu petugas kepolisian melakukan pengetatan wilayah untuk mencegah orang asing maupun tak dikenal masuk dengan leluasa di kawasan permukiman, terutama di malam hari. Kewaspadaan menjadi salah satu upaya mencegah tindak kejahatan,” ucapnya.

Dani Ramdan juga mengimbau segenap pemudik untuk senantiasa menjaga kondisi kesehatan selama melakukan perjalanan mudik Lebaran agar selamat sampai tujuan dan berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

“Pastikan kondisi tubuh dan kendaraan dalam keadaan prima, jaga kesehatan dan keselamatan selama dalam perjalanan. Patuhi dan ikuti ketentuan rambu-rambu lalu lintas maupun instruksi petugas di lapangan. Semoga perjalanan mudik Lebaran tahun ini aman dan lancar, jangan lupa terus monitor kondisi rumah yang ditinggalkan,” demikian Dani Ramdan.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © BERITA CALEG 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *