Politik

Barito Utara alokasikan dana Pilkada 2024 sebesar Rp36,61 miliar

0
×

Barito Utara alokasikan dana Pilkada 2024 sebesar Rp36,61 miliar

Sebarkan artikel ini

[ad_1]

“Dana hibah ini disalurkan dalam dua tahap yaitu pada tahap satu 40 persen sebesar Rp14,64 miliar disalurkan di tahun 2023, dan untuk 60 persen sebesar Rp21,96 miliar pada 2024,”

Muara Teweh (BERITA CALEG) – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, telah mengalokasikan dana hibah Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah 2024 melalui APBD kabupaten kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat sebesar Rp36,61 miliar.

“Dana hibah ini disalurkan dalam dua tahap yaitu pada tahap satu 40 persen sebesar Rp14,64 miliar disalurkan di tahun 2023, dan untuk 60 persen sebesar Rp21,96 miliar pada 2024,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Utara Jufriansyah di Muara Teweh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan Jufriansyah pada penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) 2024 bersama Ketua KPU Barito Utara Siska Dewi Lestari dan Ketua Bawaslu setempat Adam Parawansa Syahbubakar.

Menurut dia, dana hibah untuk KPU Barito Utara secara keseluruhan sebesar Rp28,16 miliar dan Bawaslu setempat Rp8,44 miliar dalam rangka penyelenggaraan pemilihan anggota legislatif, presiden dan wakil presiden, gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah, bupati dan wakil bupati Kabupaten Barito Utara 2024.

Hal itu, kata dia, sesuai Permendagri Nomor 41 Tahun 2020 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 54 Tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Saya berpesan kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten Barito Utara agar menggunakan anggaran ini secara transparan, proporsional dan akuntabel, sehingga kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Pada kesempatan Plt Sekda Barito Utara mengucapkan atas nama masyarakat dan pemerintah daerah selamat kepada Ketua KPU dan Komisioner KPU yang baru saja terpilih masa bakti 2023-2028.

Selain itu, kata dia, ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah menggelar tahapan verifikasi dan diskusi dalam penganggaran dana hibah penyelenggaraan Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Barito Utara dengan regulasi yang sesuai aturan yang berlaku

Dia juga berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral, tidak berpihak kepada salah satu calon, gunakan hak pilih dengan bijak hanya di bilik suara TPS saja.

“Saya berharap Pemilu tahun depan di Barito Utara dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif. Harapan kita bersama di daerah ini tidak ada ketegangan tensi politik, pilihan boleh berbeda, tetapi tetap jaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata dia.

Lima komisioner KPU Kabupaten Barito Utara periode 2023-2028 adalah Herman Rasidi, Lutfia Rahman, Paisal Rahman, Roya Izmi Fitrianti, dan Siska Dewi Lestari selaku Ketua KPU.

Pewarta: Kasriadi
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *