klik X untuk tutup iklan ini
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Anies sebut KH Bisri Syansuri bagian penting sejarah Indonesia

×

Anies sebut KH Bisri Syansuri bagian penting sejarah Indonesia

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]


Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menyebut almarhum KH Bisri Syansuri merupakan bagian penting dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa sebelum kemerdekaan RI.

“Kami menyaksikan perjuangan KH Bisri Syansuri mendirikan pondok pesantren putri dalam sejarah Indonesia. Memperjuangkan nasib perempuan Indonesia,” kata Anies dalam keterangan tertulis Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) yang diterima BERITA CALEG di Jakarta, Sabtu.

Example 300x600

Pernyataan itu disampaikan Anies saat menghadiri Haul ke-45 KH. M. Bisri Syansuri, Nyai Hj. Nur Khodijah Hasbullah ke-71, Masyayikh dan Dzuriyat, serta peringatan Harlah ke-109 Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1) tengah malam.

Ia menjelaskan, cucu Kiai Bisri sudah pernah menjadi Presiden Indonesia yaitu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, sehingga dirinya berharap cicit almarhum yaitu Cawapres Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin dapat menjadi Wakil Presiden RI.

“Insyaallah tali perjuangan untuk Indonesia tersambung,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Saat menghadiri kegiatan itu, dia juga mendoakan para ulama, masyayikh yang hadir. Anies juga menyebut mereka satu persatu di sela menyampaikan visi dan misi tentang gagasan perubahan yang digaungkan.

“Mudah mudahan 14 Februari bisa jadi hari perubahan Indonesia. Tekanan ekonomi yang luar biasa dialami keluarga-keluarga di Indonesia menjadi lebih baik. Kami menginginkan Indonesia adil makmur untuk semua, bukan Indonesia adil makmur untuk sebagian,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Anies menjelaskan bahwa dia dan Muhaimin pada 26 tahun lalu merupakan aktivis kampus yang menentang kekuasaan orde baru (orba).

Tak terbayangkan, kata Anies, 25 tahun kemudian sejak saat itu, dirinya tersambung kembali dengan Gus Muhaimin untuk meningkatkan demokrasi Indonesia.

Sementara itu, kegiatan tersebut dihadiri oleh para kiai, tokoh, dan pemimpin pondok pesantren (ponpes) yang ada di Jombang dan Pulau Jawa, seperti mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Pemimpin Ponpes Lirboyo Kediri KH. Anwar Mansur, KH. Marzuki Mustamar, dan tokoh lainnya.

Baca juga: Anies kembali ke Jakarta di hari ke-47 kampanye Pilpres 2024

Baca juga: Jubir AMIN: Anies sudah kunjungi 136 titik selama kampanye

Baca juga: Ganjar di Jatim, Mahfud di Sulsel dan Jatim di hari ke-47 kampanye

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar targetkan menang 60 persen di Jawa Timur

Baca juga: Prabowo hadiri konsolidasi partai di Medan pada hari ke-47 kampanye

[ad_2]

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *