Politik

Ahmad Basarah: Relawan solid menangkan Ganjar di Pilpres 2024

0
×

Ahmad Basarah: Relawan solid menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Sebarkan artikel ini

[ad_1]


Surabaya (BERITA CALEG) – Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyatakan tetap dalam kondisi solid memenangkan bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami solid dan bekerja setiap hari, baik di kantor kami dengan tim koordinasi relawan di Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro 72 Jakarta Pusat, maupun kegiatan relawan yang dilaksanakan di tengah masyarakat,” kata Basarah di sela agenda Rapat Koordinasi Pemenangan Pileg dan Pilpres Pemilu 2024 Caleg DPR RI dan Kepala Daerah Serta Wakil Kepala Daerah Se-Jawa Timur di Surabaya, Sabtu.

Basarah juga menyatakan soliditas para relawan pendukung Ganjar Pranowo tak terpengaruh dinamika politik di lapangan, termasuk dengan adanya Rapat Kerja Nasional (Rekernas) VI yang digelar oleh Projo, pada hari ini, di Indonesia Arena, Jakarta.

Lebih lanjut, setiap organ relawan Ganjar Pranowo saat ini terus berupaya meningkatkan elektabilitas mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

“Kami berkoordinasi dengan relawan yang memang sikap, niat, dan keputusan politiknya bulat mendukung Pak Ganjar sebagai bakal calon presiden,” ujarnya.

“Kami fokus bekerja sesuai dengan ruang lingkup kami,” lanjutnya.

Untuk itu, Basarah menyatakan tak ingin “cawe-cawe” dapur relawan yang tidak menjatuhkan pilihan kepada Ganjar, sebab masing-masing organ relawan juga punya kewenangan sendiri-sendiri dan hal itu merupakan bagian dari demokrasi.

“Kami menghormati terhadap organ relawan lain yang punya keputusan yang lain dan itulah demokrasi,” ucapnya.

Selain itu, Basarah menambahkan para relawan Ganjar Pranowo juga berupaya untuk mewujudkan situasi kondusif jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya selaku Ketua Tim Koordinasi Pemenangan Relawan Ganjar Pranowo menghormati setiap keputusan politik yang diambil oleh masing-masing organ relawan untuk menentukan arah politik dan dukungannya pada pilpres 2024,” ujarnya.

Sementara, dia menyebut tetap membuka pintu bagi setiap relawan yang ingin bergabung dalam barisan tim pemenangan Ganjar Pranowo.

“Tentu siapapun yang datang kepada kami, kemudian menyatakan dukungannya tentu harus kami terima dengan tangan terbuka, karena itulah sejatinya energi yang dapat mendukung Mas Ganjar,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, agenda Rakernas yang digelar oleh Projo juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan putra sulungnya yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Kepala negara memanfaatkan agenda tersebut untuk mengingatkan para relawan agar terlibat menjaga kondusivitas seluruh proses berjalannya tahapan jelang pesta demokrasi.

Sedangkan, Ketua Umum Projo yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa bakal capres yang didukung Projo berinisial P.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Ganjar beri arahan dalam rapat tim pemenangan nasional

Baca juga: Relawan Projo resmi gabung tim Pemenangan Ganjar Pranowo

Baca juga: Arsjad Rasjid dan Andika Perkasa masuk Tim Pemenangan Ganjar Pranowo

Baca juga: Megawati tugaskan Puan Maharani bentuk Tim Pemenangan Ganjar Pranowo

Pewarta: Abdul Hakim/Ananto Pradana
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *