Politik

1.747 personel gabungan siap amankan kunjungan kerja Wapres ke Sulteng

1
×

1.747 personel gabungan siap amankan kunjungan kerja Wapres ke Sulteng

Sebarkan artikel ini




Palu (BERITA CALEG) – Sebanyak 1.747 personel gabungan TNI, Polri serta pemerintah daerah siap melakukan pengamanan dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin ke Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, yang dijadwalkan pada Selasa (3/10).


“Apel gelar pasukan pengamanan ini untuk memastikan bahwa kita mampu menjamin keamanan Bapak Wakil Presiden RI dan rombongan selama berada di sini,” kata Kapolda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho saat apel pasukan pengamanan di Lapangan Yonif 711 Raksatama, Palu, Senin.

Apel gelar pasukan diikuti sebanyak 1.747 personel gabungan yang terdiri dari 1.005 personel TNI, 561 personel Polri, dan 187 personel dari instansi pemerintah daerah.

Kapolda mengatakan, gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan satuan tugas pengamanan (Satgaspam) VVIP, baik personel, materil, maupun pendukung sarana lainnya guna memastikan kunjungan kerja Ma’ruf Amin berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Dalam kesempatan itu, Kapolda bersama dengan Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto melakukan pengecekan terhadap kesiapan seluruh personel, dan sarana pendukung lainnya.

Ia meminta agar tugas pengamanan tersebut dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Mari kita tunjukkan bahwa TNI, Polri dan Pemda serta instansi terkait lainnya di Sulawesi Tengah mampu bersinergi dengan baik dan bekerja secara profesional dalam menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia menegaskan kepada seluruh personel dapat memegang teguh disiplin dan prosedur tetap aturan ketentuan perundangan-undangan yang menjadi payung hukum pelaksanaan pengamanan VVIP agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia juga mengingatkan untuk menghindari tindakan bersifat arogan, namun tetap tegas secara terukur.

“Lakukan koordinasi dan komunikasi antarsatuan dan lintas sektor sehingga apapun yang terjadi dapat kita hadapi dan selesaikan secara cepat, tuntas, dan tepat,” katanya.

Terakhir, dia menekankan agar personel gabungan juga mewaspadai dan mengantisipasi setiap kemungkinan ancaman, hambatan serta gangguan dengan saling memberikan informasi.

Wapres dijadwalkan berkunjung ke Sulawesi Tengah dengan agenda peresmian Kawasan Pangan Nusantara (KPN) di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala pada Rabu (4/10).

Baca juga: Wapres kunjungan kerja ke Cirebon menumpang kereta

Baca juga: Wapres resmikan lima proyek strategis di Manokwari

Baca juga: Wapres lanjutkan kunjungan kerja ke Samarkand Uzbekistan

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © BERITA CALEG 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *